Tips memilih sofa yang nyaman

Salah satu komponen ruang tamu adalah sofa. Seperti yang kita ketahui bahwa variasi sofa sangat banyak. Dan tentunya tidak semua sofa memiliki kualitas yang baik. Mengingat hal ini kebanyakan orang pasti mengalami kesalahan dalam pemilihan sofa. Nah, sebenarnya bagaimana sofa yang berkualitas?

Setidaknya ada tiga elemen penting dari sofa atau kursi yang mempengaruhi usia pemakaian. Pertama bagian rangka, kedua suspensi atau per, dan terakhir busa yang menentukan kenyamanan dari sebuah sofa.

Beberapa pabrikan ada yang memberikan informasi lengkap mengenai material yang mereka gunakan untuk membuat sofa. Ada baiknya Anda bertanya lebih jauh mengenai tiga elemen penting dari sofa tersebut. Untuk membantu Anda memilih sofa ruang tamu yang berkualitas, Rumah.com akan menjelaskan lebih lanjut mengenai tiga elemen sofa berikut ini.

1. Rangka

Material Rangka. Kerangka yang digunakan untuk menopang sofa biasanya menggunakan material kayu solid atau kayu engineered. Material ini dikenal kokoh dan tahan lama. Hindari memilih material kayu daur ulang seperti medium-density fiberboard (MDF), papan kayu partikel, atau plywood standar.

Konstruksi Rangka. Sama pentingnya dengan material rangka, konstruksi yang pas juga mempengaruhi kenyamanan dan kokohnya sofa Anda. Ada beberapa metode penyatuan kayu yang digunakan oleh pengrajin atau pabrikan sofa. Namun hindari rangka yang disatukan dengan baut dan lem, atau penghubung besi yang menyatukan dua buah kayu menjadi satu. Metode ini membuat rangka rentan patah dan rusak.

2. Suspensi atau Per

Jika Anda menghabiskan banyak waktu riset demi menemukan furnitur yang berkualitas, maka bagian suspensi harus menjadi salah satu perhatian utama. Suspensi adalah bagian sofa yang menyangga busa yang fungsinya membuat duduk terasa nyaman dan sedikit memantul. Ada banyak tipe suspensi yang digunakan oleh pabrikan ketika mendesain sofanya.

Prinsip eight-way hand-tied sering menjadi acuan untuk mengecek kualitas suspensi sofa yang harganya cukup mahal. Caranya dengan menekan sandaran sofa, dan Anda bisa merasakan pantulan per yang terpisah di antara kain sofa.

Sementara untuk sofa dengan harga menengah ke bawah, prinsip Sinuous springs sering digunakan untuk mengetes kualitas furnitur. Suspensi jenis ini terbuat dari logam berbentuk zig zag yang ditata beraturan dalam satu baris di bagian depan sofa.

3. Busa Dudukan

Sebagai bagian terluar, memilih busa dudukan yang berkualitas sangatlah penting. Untuk busa dudukan, ada beberapa tipe busa yang dibungkus oleh material serat poliester. Pusat busa memiliki ketebalan setidaknya 4 inci. Sementara itu untuk busa yang harganya menengah ke atas akan memiliki pusat busa yang dibungkus masing-masing membentuk kelompok busa. Semakin kencang busa maka bisa membentuk body sofa yang bagus dan tahan lama.

Hindari memilih busa yang terlalu empuk atau terlalu keras karena tidak nyaman dan cepat berubah bentuk. Sementara untuk busa sandaran, biasanya hanya diisi oleh serat poliester atau kombinasi dengan busa. Ketebalannya lebih tipis dan lebih keras agar mampu menjadi sandaran punggung yang nyaman.

INTERIOR JOGJAKITCHEN SET JOGJAFlamingo Interior & Eksterior Jogja adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa interior dan Eksterior kami berdiri sejak tahun 1998. Produksi yang kami berikan adalah Design dan Produksi Interior dan Bidang Arsitek Perencanaan dan Pelaksanaan Bangunan. Untuk pemesanan KLIK DISINI! Hubungi kami di Telp: 085799348815 | WA: 085927460009  | Email : mizanflamingo@gmail.com