Cara Memilih Wallpaper Dinding Ruang Tamu

Cara Memilih Wallpaper Dinding Ruang Tamu

No Comments on Cara Memilih Wallpaper Dinding Ruang Tamu

kitchen set jogjaCARA MEMILIH WALLPAPER DINDING RUANG TAMU

Wallpaper Ruang Tamu – Seiring dengan perkembangan jaman kini banyak orang menggunakan wallpaper untuk dinding rumah, dengan alasan wallpaper akan menambah tembok dinding rumah menjadi lebih hidup. Tembok dengan satu warna seperti sudah biasa bukan? Semakin kesini juga semakin orang lebih meninggalkannya. Nah bagi Anda yang sedang mempunyai rencana untuk memasang wallpaper untuk ruang tamu Anda, kami Interior Jogja akan memberikan masukan bagaimana cara memilih wallpaper dinding ruang tamu.

Tips Memilih Wallpaper Dinding Pada Ruang Tamu

Tips Memilih Wallpaper Dinding Pada Ruang TamuWallpaper dinding adalah sebuah gambar yang menempel pada dinding ruangan. Terdapat beberapa jenis dan bahan yang digunakan dalam membuat wallpaper pada dinding. Beberapa bahan dasar yang sudah sering dipakai adalah bahan dari vinyl dan kertas . Kalau bahan dari vinyl sudah banyak terdapat dipasaran dan bahan tersebut biasanya yang sering dipakai dan dipilih oleh orang orang yang akan membuat wallpaper dinding.

Sama juga dengan kertas yang digunakan kemudian direkatkan dengan lem dan menempel pada dinding.cara perawatan dari bahan bahan yang digunakan sangatlah mudah dan akan dijelaskan pada poin poin yang ada dibawah nanti. Banyak motif dan jenis yang tentunya digunakan pada beberapa wallpaper dinding ini, tetapi banyak sekali yang dipikirkan oleh beberapa orang bahwa penggunaan desain wallpaper pada dinding ruang tamu memerlukan biaya yang sangat mahal. Padahal yang sebenarnya bukan seperti itu juga. Kita juga harus sedikit cermat dalam memilihnya karena jika kurang cermat akan membawa dampak yang kurang baik juga dan akan memawakan kesan yang kurang nyaman pada ruang tamu kita. Beberapa Tips Memilih Wallpaper Dinding Pada Ruang Tamu yang berguna bagi kalian yang ingin menggunakannya.

1. Menentukan Posisi Ruangan

Tips yang awal dalam memilih wallpaper dinding pada ruangan adalah menentukan posisi ruangan yang akan didesain. Fungsi ruangan memang sangat berpegaruh pada wallpaper yang akan digunakan nantinya. Beberapa ruangan pasti memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda beda.Misalnya saja pada kamar tidur, dapur, dan ruang tamu. Memilih posisi ruangan ini penting karena nantinya berkaitan dengan model motif wallpaper yang akan dipakai. Pada ruang tamu, pemilihan wallpaper dinding bisa dipih dengan tampilan yang lebih eksploler.

2. Mengukur Luas Ruangan

Setelah memilih posisi ruangan yang akan didesain, hal yang perlu diketahui juga yaitu adalah mengukur luas pada ruangan. Pada ruang tamu setiap rumah pasti berbeda beda ukuran, apalagi banyak sekali sekarang model rumah minimalis terutama bagi mereka yang tinggal di komplek perumahan. Faktor luasnya ruangan memiliki peran dalam kesan wallpaper dinding yang digunakan. Misalnya saja pada ruang tamu yang sempit cukup memakai desain garis horizontal sehingga terlihat besar. Kalau dipakai pada ruang tamu yang besar sebaiknya gunakan wallpaper dengan motif yang sedikit gelap agar terasa lebih nyaman dirasakan.

3. Melihat Plafon Ruangan

Jarak plafon pada ruangan di tiap tiap rumah juga merupakan salah satu yang harus di perhatikan sebelum memilih wallpaper dinding ruangan khususnya ruang tamu. Memang benar kita sudah tau luas beserta ukuran pada ruangan yang akan di desain. Tetapi jangan lupa melihat jara plafon ruangan kita. Apakah jarak plafon terbut tinggi atau bahkan sangat dekat. Dengan melihat hal itu kita tahu bahwa wallpaper yang digunakan memiliki konsep yang berbeda.

4. Memilih Warna Wallpaper

Langkah yang selanjutnya adalah memilih warna pada wallpaper dinding yang akan digunakan. Ketika memilih warna biasanya kebanyakan orang terpaku pada warna yang sering di gunakan atau bisa dikatakan cocok cocokan tanpa melihat hasil suasana dari warna tersebut. Dalam hal ini saya sarankan jika anda ingin memasang wallpaper pada dinding anda, pilihlah warna yang dingin seperti gradasi biru atau hijau. Warna tersebut nantinya akan sapat mempengaruhi perasaan bagi anda dan pastinya terlihat semakin elegan. Memilih warna gelap pada wallpaper juga akan menjadikan ruangan tamu anda terlihat sempit.

(Baca juga : Kitchen Set Jogja)

5. Melihat Bahan Wallpaper

Selanjutnya adalah dengan melihat bahan dasar dari wallpaper yang akan anda gunakan. Bahan dasar dari wallpaper dinding berbeda beda, misalnya saja bahan vinyl. Bahan dasar vinyl adalah bahan dasar yang memanfaatkan material dasar berupa vinyl. Keunggulan dari bahan ini tidak mudah rusak dan unggul pada udara yang lembab. Bahan dasar vinyl inilah yang sudah digunakan banyak orang dan merupakan bahan yang paling diminati. Akan tetapi jangan terpaku pada satu bahan saja. Tentunya semua bahan yang digunakan mempunyai kelebihan dan kekurangan  masing masing.

6. Memilih Jenis Wallpaper

Banyak sekali terdapat jenis wallpaper yang di tawarkan di pasaran yang tentunya anda pilih. Dalam hal ini juga berkaitan dengan bahan yang anda pilih pada wallpaper dinding. Pastinya anda tahu jenis wallpaper yang bagus dan berkualitas. Contoh dari beberapa jenis wallpaper yaitu vinyl, textile, flocking dll. Jenis wallpaper sangat beragam dan tentunya setiap jenis mempunyai bahan dasar pembuatan yang berbeda beda.

7. Memilih Motif Wallpaper

Pemilihan sebuah motif pada wallpaper dinding menentukan tampilan pada ruangan agar semakin menarik. Ada beberapa motif seperti motif yang besar maupun motif yang kecil. Hal tersebut tergantung pada konsep yang akan anda gunakan pada ruangan anda. Motif horisontal sangat terlihat elegan jika digunakan pada ruang tamu. Dalam memilih motif sebaiknya dipadukan dengan warna yang akan digunakan. Misalnya saja motif kecil dengan warna yang lembut akan membawakan kesan yang menarik.

8. Perawatan Wallpaper

Langkah yang terakhir yaitu melakukan perawatan pada wallpaper yang  digunakan. Anda harusnya menyesuaikan dengan jenis dan bahan wallpaper dinding yang anda gunakan. Berbeda bahan pastinya juga berbeda cara perawatannya. Misalnya bahan dasar yang terbuat dari vinyl, caranya cukup menggunakan kain bahas dan diusapkannya atau bisa menggunakan sikat yang berbulu halus.

Kalau seandainya bahan dasar yang digunakan terbuat dari kertas, maka cara perawatannya adalah cukup menggunakan kain yang tidak terlalu bahas dan tidak kering juga atau bisa saja menggunakan vacum cleaner. Perawatan pada wallpaper dinding berfungsi untuk menghilangkan noda noda yang ada pada wallpaper dan menghilangkan debu debu yang menempel pada wallpaper. Jika terdapat sobekan pada wallpaper, anda cukup menempelkan sobekan pada tempat semula. Tetapi jika tetap sobek dan terlihat parah, gantilah dengan yang baru.

INTERIOR JOGJAKITCHEN SET JOGJAFlamingo Interior & Eksterior Jogja adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa interior dan Eksterior kami berdiri sejak tahun 1998. Produksi yang kami berikan adalah Design dan Produksi Interior dan Bidang Arsitek Perencanaan dan Pelaksanaan Bangunan. Untuk pemesanan KLIK DISINI! Hubungi kami di  WA: 085729616938

About the author:

Leave a comment

Head Office :

Digital Arsitek Indonesia
Alamat : Jl. Babadan No.27 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.
Produksi : Digital Arsitek Indonesia
- Design dan Produksi Interior
- Bidang Arsitek Perencanaan dan Pelaksanaan Bangunan
Berdiri : Tahun 2014
Telephon :
- (0274) 501 7127
-0857 2961 6938
Email : nikenswastika23@gmail.com

Our Service

- Desain Interior & Eksterior
- Mebel Design & Produk :
  - Kitchen Set
  - Almari Rumah
  - Almari Kantor. dll
- Construksi Besi
  - Canopi
  - Pagar
  - Relling
  - Stenlis

Kategori

Arsip

Ikuti Info dari kami

Interior Jogja Flamingo

Back to Top