Ketahui Penyebab Dinding Retak

Ketahui Penyebab Dinding Retak

No Comments on Ketahui Penyebab Dinding Retak

 KETAHUI PENYEBAB DINDING RETAK

Ketahui Penyebab Dinding Retak – Pernahkah Anda menemukan tembok atau dinding rumah Anda retak? Entah itu retak rambut atau retak yang besar. Sebenarnya apa penyebab dari dinding retak ini? Nah pada kesempatan kali ini, pada artikel kali ini kami akan membahas apa saja penyebab dinding retak yang perlu diketahui.

Penyebab Dinding Retak

 

Faktor-faktor penyebab dinding rumah retak struktur ini adalah:

  • Adanya pergerakan tanah, pergeseran ataupun penurunan pada struktur pondasi. Hal ini dapat diakibatkan karena daya dukung tanah berdirinya lahan yang kurang stabil setelah terjadinya gempa, banjir dan kejadian alam lainnya.
  • Kesalahan penentuan jenis pondasi yang dipilih ataupun kesalahan penghitungan beban yang akan dipikul oleh pondasi pada saat proses pembangunan.
  • Proses pengerjaan struktur bangunan yang tidak sempurna.
  • Adanya kerusakan pada struktur bangunan utama seperti kolom yang retak atau bengkok, adanya balok penyangga yang jumlah tulangan besi utamanya dan besi pengikatnya tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh bangunan. Sehingga secara perhitungan kekuatan bangunan tidak terpenuhi.

Untuk memperbaiki konstruksi dinding rumah retak struktur ini bukanlah perkara yang mudah. Bukan hanya membutuhkan biaya yang cukup besar karena memerlukan perbaikan atau rekonstruksi struktur bangunan, tetapi juga harus dipastikan bangunan harus tetap dalam keadaan stabil jika ada pergerakan dan pergeseran kembali.

Penyebab dinding rumah retak struktur dapat dikategorikan menjadi 2 jenis:

  • Retak Tarik

Penyebab retak tarik disebabkan karena adanya penurunan pada permukaan tanah. Hal ini biasa terjadi pada setiap bangunan dimanapun. Tidak akan membahayakan kondisi bangunan selama penurunan ini terjadi secara serentak. Tetapi sebaliknya, kondisi ini akan menjadi cukup membahayakan apabila penurunan ini terjadi secara tidak bersamaan.

Pada titik-titik tertentu akan mengakibatkan perubahan elevasi yang berbeda-beda pada bangunan. Hal ini bisa terlihat dari bentuk keretakannya yang terlihat lebih lebar pada bagian atas dan mengecil pada bagian bawah. Beberapa penyebabnya bisa karena berbagai hal seperti pemadatan yang tidak merata pada badan bangunan, erosi pada bagian dasar pondasi bangunan yang diakibatkan oleh adanya aliran air yang mengalir di area tersebut, beban yang terpusat secara tidak merata pada bangunan, gempa ringan, dan masih banyak hal-hal lainnya.

  • Retak Tekan

Penyebab retak tekan karena adanya pembebanan yang terlalu berat pada dinding, dari atas permukaan dinding dan dari bawah permukaan dinding secara bersamaan. Hal ini dapat terjadi karena akibat dari tiang penyangga atau kolom bangunan yang tidak bekerja secara semestinya, sehingga sebagian beban harus dipikul oleh dinding.

Hal yang seharusnya terjadi adalah, beban akan disalurkan oleh ringbalk menuju ke kolom bangunan untuk didistribusikan ke sloof yang berada di bawahnya. Selain itu dari bagian bawah ada desakan ke atas karena adanya pergerakan tanah.Hal inilah yang menyebabkan adanya retak tekan.

 

About the author:

Leave a comment

Head Office :

Digital Arsitek Indonesia
Alamat : Jl. Babadan No.27 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.
Produksi : Digital Arsitek Indonesia
- Design dan Produksi Interior
- Bidang Arsitek Perencanaan dan Pelaksanaan Bangunan
Berdiri : Tahun 2014
Telephon :
- (0274) 501 7127
-0857 2961 6938
Email : nikenswastika23@gmail.com

Our Service

- Desain Interior & Eksterior
- Mebel Design & Produk :
  - Kitchen Set
  - Almari Rumah
  - Almari Kantor. dll
- Construksi Besi
  - Canopi
  - Pagar
  - Relling
  - Stenlis

Kategori

Arsip

Ikuti Info dari kami

Interior Jogja Flamingo

Back to Top