Mundu, Jl. Manggis 168A, Caturtunggal, Yogyakarta
0838-6729-8621
heruardiyanto32@gmail.com

Cara Memilih Cat Kamar Tidur

Digital Arsitek Indonesia

Cara Memilih Cat Kamar Tidur

Caranya Memilih Cat Kamar Tidur Interior Jogja – Pemilihan sebuah warna cat tentunya sangat menentukan dan sangat penting untuk sebuah ruangan. Dengancat pastinya akan membuat sebuah ruangan akan semakin bewarna. Tentunya dengan tambahan cat akan terlihat sempurna dan nilai estetika. Daya tarik tersebut tentunya dikarenakan pemilihan warna yang elegan sehingga menjadi hal yang patut bagi…
Read more

Bagikan :

Caranya Memilih Cat Kamar Tidur

Interior Jogja – Pemilihan sebuah warna cat tentunya sangat menentukan dan sangat penting untuk sebuah ruangan. Dengancat pastinya akan membuat sebuah ruangan akan semakin bewarna. Tentunya dengan tambahan cat akan terlihat sempurna dan nilai estetika.

Daya tarik tersebut tentunya dikarenakan pemilihan warna yang elegan sehingga menjadi hal yang patut bagi kalian untuk memilih cat yang sesuai termasuk untuk kamar tidur. Pemilihan cat warna untuk dinding kamar tidaklah sama dengan warna cat dinding luar rumah pada umumnya.

Hal tersebut dikarenakan, warna dinding kamar tidur haruslah natural yang bisa membuat aktivitas didalamnya terasa nyaman. Pemilihan warna cat kamar tidur bisa dibilang gampang-gampang susah. Nah bagaimana caranya memilih cat kamar tidur yang sesuai dengan keinginan kalian? Tenang, berikut ini akan kami bahas mengenai pemilihan cat.

1. Peritmbangkan Mood Ketika Memilih Cat Tembok Kamar

Ketika memilih warna tembok untuk kamar, perhatikan mood dari kamar kalian ya. Apakah kalian ingin perasaan yang nyaman untuk beristirahat atau menenangkan. Warna kalem, dingin dan netral sering kali menimbulkan perasaan yang lebih tenang sedangkan warna yang lebih kuat menimbulkan efek dramatis. Sebaiknya kalian juga memperhatikan warna dan corak keramik di kamar pribadi.

Selain itu, ruangan kamar yang terasa sosialis dan menstimulus atau menimbulkan efek formal dan tenang juga bisa menjadi pilihan. Warna yang lebih hangat, kontras dan beberapa warna yang lebih terang akan menambah atmosfer sosialis akan menjadi pilihan tepat. Warna hijau kebiruan yang agak dalam akan memberi nuansa yang lebih formal.

2. Lakukan Percobaan Di Sudut Kamar Terlebih Dahulu

Jika kalian belum yakin dengan warna yang dipilih, maka mulailah dari bagian yang terkecil. Jangan mengecat semua bagian tembok di kamar langsung. Kalian bisa mencoba bereksperimen pada bagian tembok disela-sela ruangan kamar dan kamar mandi, atau juga bisa mencoba di tembok kamar mandinya dahulu.

BACA JUGA  Bikin Kitchen Set Murah dan Bagus

Nah, apabila kalian melakukan pengecatan sendiri, cobalah mengecat pada bagian yang paling mudah dilihat agar sesegera mungkin bisa diperiksa apakah sesuai dengan mood anda atau tidak. Jangan khawatir, bila tidak cocok dengan hasil eksperimen, kalian bisa kok untuk diubah lagi. Bisa juga mengelupas cat tembok bila tidak cocok dengan warna yang sudah terlanjur tertempel.

3. Perhatikan Pencahayaan Kamar Agar Suasana Kamar Jadi Nyaman

Beberapa alasan mengapa toko cat memiliki kotak lampu untuk mengetes cat tembok adalah karena cahaya natural di siang hari menunjukkan warna sesungguhnya. Selain itu, cahaya lampu pijar (bohlam) memberi nada hangat dan kuning pada warna asli cat. Sebaliknya, cahaya lampu neon memberi nuansa biru kasar pada warna cat.

Warna yang kuat kemungkinan akan terlalu cerah dan berlebihan ketika digunakan pada dinding atau area yang mendekati jendela, tapi itu karena efektif apabila digunakan sebagai aksen dinding dengan pencahayaan yang tidak langsung.

4. Pastikan Warna Cat Menyatu Dengan Ruangan Lain

Sadarilah bahwa dinding sebagai pesawat warna, dan lihatlah bagaimana mereka berinteraksi ketika dilihat dari satu ruang yang berdekatan. Dekatilah dan anggap saja seperti sebuah komposisi sedang berada di sebuah ruangan, tapi kalian sedang bepergian untuk melihat sebuah sisi dari ruangan lain melaluinya. Jadi seperti memilih warna, perhatikan bagaimana hal tersebut akan berjalan dari ruang ke ruang lainnya untuk menciptakan gambaran kalian inginkan.

5. Jangan Ragu Coba Warna Monokrom Yang Tenang

Bosan menggunakan satu warna saja? Tak ada salahnya kalian mencoba warna tebal atau variasi sederhana dalam satu grup warna dengan cat kontras. Contohnya, gunakan warna yang saling berhubungan, atau cobalah warna single pada area yang berbeda untuk dinding dan seimbangkan pada satu ruang. Kreasikan dengan dekorasi kamar yang unik dan inspiratif.

BACA JUGA  Inspirasi Desain Rumah Impian

Untuk warna aksen, pilihlah yang lebih hangat seperti warna merah atau yang lebih dingin seperti warna biru untuk melengkapi warna dasar. Untuk penyeimbang yang lebih kalem, pastikan warnamu tidak terlalu cerah. Putih atau putih pucat bisa jadi aksen yang lebih menarik ketika digunakan sebagai garis hiasan dengan grup warna monokrom.

 

Bagikan :
WhatsApp chat