Jl. Babadan No.27 Yogyakarta
0857-2961-6938
nikenswastika23@gmail.com

Desain Interior dan Eksterior Rumah

MELAYANI SETTING INTERIOR RUANGAN, KAMAR, RUANG TAMU, DAPUR, KITCHEN SET, ARSITEK

Desain Interior dan Eksterior Rumah

DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR RUMAH

Interior Jogja – Bagi Anda yang sedang mencari jasa arsitek atau jasa desain interior dan eksterior rumah, Anda bisa langsung hubungi kami dengan kontak 0857 2961 6938. Kami melayani desain gambar, bangun, dan juga renovasi. Tidak hanya rumah, kami melayani rumah, kost, toko, kantor, dan lain sebagainya.

Desain Interior dan Eksterior Konsep Jepang

Seorang arsitek bernama Frank Lloyd Wright pernah mengungkapkan bahwa bentuk dan fungsi merupakan sebuah kesatuan. Maka dari itu sahabat Interior Jogja, gaya minimalis memiliki tujuan untuk menemukan keindahan dalam fungsi sebuah objek dengan menghindari elemen-elemen yang tidak begitu esensial dan cenderung mengganggu, dan mengedepankan fungsi sebuah objek untuk menjadi fokus utama.

Dalam dunia arsitektur minimalis, hal-hal yang akan disorot adalah bentuk, sudut pandang, dan geometri dasar sebuah objek. Penempatan objek-objek di dalam ruangan dan pemilihan desain untuk fasad terlihat seperti sebuah tarian yang harmonis. Selain itu, penerangan dan bayangan juga turut diperhatikan untuk menciptakan harmoni, keterbukaan, ruang gerak, dan ketenangan. Jadi, meskipun material yang digunakan cenderung berat, tujuan utamanya haruslah membuat hunian terasa “ringan”.

Salah satu alasan mengapa arsitektur minimalis menjadi kian populer sekarang ini adalah karena menjamurnya rumah-rumah kecil karena lahan yang semakin terbatas. Di negara yang semakin padat penduduk ini, sangat penting bagi kita untuk bisa menciptakan hunian kecil yang nyaman. Kita harus mencari cara bagaimana rumah yang kecil tidak tampak berantakan dan sempit. Maka dari itu, banyak rumah-rumah kecil berkiblat pada gagasan minimalis dengan konsep yang unik, dan di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

1. Rumah kotak sederhana karya Tsubasa Iwahashi Arquitectos

eksterior rumah minimalis

Tsubasa Iwahashi Arquitectos – morewithlessdesign.com

Jika Anda sahabat Interior Jogja melihat bangungan ini, Anda pasti tidak menyangka bahwa bangunan ini adalah sebuah rumah. Karya arsitek Jepang, Tsubasa Iwahashi, ini diberi nama ‘Relation‘. Meskipun tampak sederhana, ‘Relation’ adalah sebuah rumah yang dibuat dengan dua lantai dan ditutupi struktur beton.
interior rumah minimalis

Tsubasa Iwahashi Arquitectos – morewithlessdesign.com

Hunian Jepang ini memanfaatkan ruang terbuka di dalam rumah untuk membuat lantai-lantai tambahan yang terlihat saling terhubung satu sama lain. Lantai-lantai tambahan ini bisa menciptakan ruang-ruang khusus dan masih mengedepankan keleluasaan. Dengan interior yang didominasi oleh kayu sahabat Interior Jogja, rumah ini masih menyimpan elemen-elemen tradisional Jepang, namun dikemas secara moderen dan unik.

 

2. Rumah teh mini khas Jepang karya Pietro Belluschi

desain rumah minimalis

Pietro Belluschi – tinyhousetalk.com

Eksterior rumah minimalis unik lainnya adalah sebuah rumah khas Jepang dengan gaya Zen rancangan Pietro Belluschi, seorang arsitek dari Italia. Rumah di Polandia ini terinspirasi dari arsitektur dan desain interior Jepang yang nampak dari elemen-elemen kayu dan detail lainnya pada desain rumahnya. Dari luar sahabat Interior Jogja, rumah mungil ini tampak sederhana dan nyaman. Jendela besar dengan panel kayu pada fasadnya membawa banyak cahaya matahari sehingga rumah tampak hangat.
interior rumah minimalis Jepang

Pietro Belluschi – itinyhouses.com

Meski dari luar rumah ini terlihat kecil, ternyata bagian dalamnya benar-benar nyaman, lho! Warna-warna netral dan elemen-elemen kayu menambah suasana homey. Saking nyamannya sahabat Interior Jogja, sang arsitek pun akhirnya membeli rumah tersebut beberapa tahun setelah Ia mendesainnya. Rumah ini Ia gunakan sebagai tempatnya mendesain atau sekadar beristirahat.

3. Koro House karya Katsutoshi Sasaki + Associates

desain eksterior rumah minimalis

Katsutoshi Sasaki + Associates – archdaily.com

Koro House adalah sebuah rumah yang berbentuk heksagonal dan dibangun di area perumahan Toyota, Jepang. Rumah mungil ini dibangun di tempat yang dulunya adalah hutan. Maka dari itu, rumah ini dibuat tanpa pagar dan ada beberapa pohon yang ditanam di sekitar halaman. Tujuannya adalah untuk meniru pemandangan hutan sebelum dijadikan perumahan dan menyediakan taman kecil bagi pengguna jalan. Bagian tepi halaman depan dibatasi dengan bebatuan sungai yang diambil dari pegunungan.
interior rumah minimalis

Katsutoshi Sasaki + Associates – archdaily.com

Meskipun desain eksterior rumah minimalis ini tampak sederhana, tetapi bagian dalamnya ternyata cukup megah. Atap yang sengaja dibuat berjarak menghadirkan ruang bagi cahaya alami untuk masuk ke dalam rumah. Kisi vertikal kayu dibuat untuk merefleksikan transisi cahaya alami yang masuk ke dalam rumah. Kisi vertikal yang dibuat dengan elegan ini juga menambah sensitivitas arsitektur Jepang.

4. Rumah mini di lahan yang sempit karya Mizuishi Architects

eksterior rumah kecil minimalis

Mizuishi Architects – apartmenttherapy.com

Luas rumah mungil ini hanya dua langkah! Sekali melihat desain eksterior rumah minimalis ini, Anda pasti tidak percaya bahwa rumah ini dihuni oleh keluarga kecil lengkap dengan peliharaannya. Lahan sempit ini memang tidak ideal untuk dijadikan tempat membangun sebuah struktur, apalagi sebuah rumah lengkap dengan tempat parkirnya. Tetapi, inilah yang dilakukan arsitek Jepang, Mizuishi Architects, pada sebuah lahan di Horinouchi, Japan.

interior rumah kecil minimalis

Mizuishi Architects – apartmenttherapy.com

Umumnya, ruang keluarga dan dapur berada di lantai dasar sebuah rumah sementara kamar tidur berada di lantai dua. Tetapi, kmar tidur di rumah ini berada di lantai satu sehingga saat Anda melangkah masuk, Anda langsung disuguhi dengan kamar yang terlihat luas karena tidak ada partisi di lantai ini. Di lantai atas, ruang keluarga dan dapur dibiarkan menyatu. Atap yang tinggi juga memberikan kesan luas.

5. Rumah yang mungil tapi kreatif karya ninkipen!

desain rumah minimalis

ninkipen! – designboom.com

ninkipen! memanfaatkan lahan yang sempit untuk membuat rumah ‘Gandare‘. Desain eksterior rumah minimalis ini terinspirasi dari huruf kanji Jepang, ‘厂’, yang berarti tebing. Fasad rumah ini dibuat seperti terkelupas dan bagian yang melengkung bisa dimanfaatkan sebagai kanopi untuk pintu masuk dan driveway.

interior rumah minimalis

ninkipen! – designboom.com

Meski dari luar rumah ini tampak kecil sahabat Interior Jogja, ternyata bagian dalamnya tidak terkesan sempit sama sekali. Furnitur yang minim serta pemilihan material kayu dan metal sebagai elemen utamanya membuat rumah ini terlihat lebih bercahaya. Dengan tiga lantai, ruang gerak setiap ruangan berhasil dimaksimalkan.

Itulah tadi 5 desain eksterior rumah minimalis yang mungkin terlihat sederhana dan sempit, namun memiliki interior yang nyaman dan terkesan luas. Apakah Anda sudah memutuskan konsep minimalis seperti apa yang ingin Anda terapkan di rumah Anda sahabat Interior Jogja?

INTERIOR JOGJAKITCHEN SET JOGJADigital Arsitek Indonesia perusahaan yang bergerak di bidang jasa Interior dan Eksterior kami berdiri sejak tahun 2014. Produksi yang kami berikan adalah Design dan Produksi Interior dan Bidang Arsitek Perencanaan dan Pelaksanaan Bangunan. Untuk pemesanan KLIK DISINI! Hubungi kami di  WA: 085729616938 | Email : nikenswastika23@gmail.com

Bagikan :

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat