Jl. Babadan No.27 Yogyakarta
0857-2961-6938
nikenswastika23@gmail.com

Ingin Punya Rumah Kayu ? Mari Kenali Lebih Dalam

MELAYANI SETTING INTERIOR RUANGAN, KAMAR, RUANG TAMU, DAPUR, KITCHEN SET, ARSITEK

Ingin Punya Rumah Kayu ? Mari Kenali Lebih Dalam

Ingin Punya Rumah Kayu ? Mari Kenali Lebih Dalam

Rumah kayu selalu terlihat unik saat dipandang, tetapi zaman sekarang jarang yang membuat rumah kayu dibanding dengan zaman dulu. Jika kalian menginginkan membangun rumah kayu kenali dulu apa kekurangan dan kelebihannya. Berikut adalah beberapa kekurangan dan kelebihan rumah kayu.

Kelebihan Rumah Kayu

Memiliki Nilai Seni dan Artistik

Salah satu kelebihan rumah kayu adalah kayu memiliki tekstur serat beragam yang sangat menarik.

Memberikan Tampilan Beda

Karena kebanyakan orang zaman sekarang tidak membuat rumah kayu, jadi rumah kayu terlihat berbeda dan unik, apalagi jika didesain modern akan membuat daya tarik bagi pemilik dan yang melihat.

Memberikan Nuansa Alami dan Sejuk

Ketika orang melihat sebuah rumah kayu, umumnya memiliki kesan alami atau natural dan sejuk, apa pun itu bentuknya. Hal ini disebabkan kayu adalah material alam sehingga rumah seperti menyatu dengan alam.

Memiliki Harga Jual Tinggi

Kelebihan rumah kayu yang lain adalah dapat menjadi sebuah investasi. Mengingat keberadaan kayu yang semakin langka dan saat ini banyak rumah kayu dengan sistem bongkar pasang, maka harga jual rumah kayu dapat semakin meningkat asalkan diolah dan dirawat dengan benar.

Kemampuan Menyesuaikan Lingkungan

Kayu memiliki kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga material kayu dapat dibuat rumah sesuai desain yang dikehendaki. Selain itu kelebihan rumah kayu saat direnovasi cenderung lebih mudah dilakukan.

Kekurangan Rumah Kayu

Proses Kerja Relatif Rumit

Rumah kayu yang bagus baik itu penampilan dan kualitas memerlukan proses yang lebih rumit. Kekurangan rumah kayu adalah konstruksi dan desain bangunan yang lebih rumit daripada rumah biasa.

Risiko Terhadap Kebakaran

Kayu merupakan salah satu material yang rentan terhadap api, sehingga kekurangan rumah kayu yang paling berisiko adalah bahaya kebakaran

Harga Kayu yang Mahal

Untuk membuat rumah kayu yang bagus tentu membutuhkan kayu yang berkualitas seperti kayu ulin, jati, bangkirai, nyatoh dan sebagainya. Keberadaan kayu-kayu berkualitas tersebut sudah mulai berkurang sehingga harga kayu cenderung semakin mahal.

Risiko Terhadap Alam dan Rayap

Kondisi alam berpengaruh besar terhadap rumah kayu. Jika kayu terkena hujan dan panas secara terus menerus, sifat kekuatan kayu akan berkurang yang bisa menyebabkan kondisi kayu akan menjadi lapuk. Selain itu, serangga rayap adalah musuh utama kayu, terutama jenis kayu berkualitas rendah yang sangat rentan terhadap serangan rayap.

Bagikan :

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat