Jl. Babadan No.27 Yogyakarta
0857-2961-6938
nikenswastika23@gmail.com

Kenali Cat Dasar Dinding

MELAYANI SETTING INTERIOR RUANGAN, KAMAR, RUANG TAMU, DAPUR, KITCHEN SET, ARSITEK

Kenali Cat Dasar Dinding

Kenali Cat Dasar Dinding

Kenali Cat Dasar DindingKENALI CAT DASAR DINDING

Cat Dasar Dinding – Finishing untuk tembok suatu rumah adalah biasanya dengan menggunakan cat tembok atau cat dinding. Mengapa cat tembok? Karena cat ini dinilai lebih praktis untuk digunakan sebagai finishing dinding. Namun dengan kepraktisan ini, kita juga harus memperhatikan dalam pengecatan dasar tembok agar hasil yang sempurna.

Manfaat Cat Dasar Tembok

Cat dasar tembok merupakan hal penting untuk memastikan cat tembok bisa lebih tahan lama serta memberikan warna yang lebih baik. Lalu, apa itu sebenarnya cat dasar tembok dan mengapa cat dasar tembok menjadi begitu penting dalam menyelesaikan finishing cat tembok pada rumah? Simak uraiannya berikut ini.

1. Menambah daya tahan terhadap garam alkali atau antialkali

pria aplikasi cat dasar tembok pada tembok dari semenruthmanneberg.info

Salah satu fungsi paling umum dari cat dasar tembok adalah mencegah kontaminasi zat-zat alkali pada lapisan cat yang bisa merusak tampilan akhir dari tembok rumah. Zat alkali sendiri biasanya terdapat pada material bangunan seperti semen dan juga bata sehingga dengan memberikan lapisan cat dasar tembok, kamu bisa mencegah zat-zat ini merusak warna cat tembok rumah.

Selain itu, bahaya dari zat alkali tanpa adanya lapisan cat dasar tembok adalah proses pengapuran pada dinding yang bisa menghasilkan debu-debu yang tak cuma mengotori ruangan tapi juga berbahaya bagi kesehatan

2. Menambah daya rekat cat tembok

perempuan aplikasi cat warna oranye pada lapisan cat dasar tembokgoogle.com

Manfaat dari penggunaan cat dasar tembok sebelum finishing cat tembok adalah memberikan daya rekat yang lebih baik pada cat tembok agar tidak mudah terkelupas baik karena cuaca ataupun hal-hal lainnya. Untuk itu, cat dasar tembok yang berkualitas wajib digunakan pada bagian tembok-tembok bangunan yang berisiko terpapar kondisi ekstrem seperti dinding-dinding outdoor atau tembok pada ruangan yang lembab.

3. Menutup pori-pori agar permukaan tembok lebih rata & halus

cat tembok putih dengan sikat roll putih pada tembok abu-abupinterest.com

Tembok yang belum di-finishing cenderung memiliki permukaan berpori-pori dan tidak rata sempurna. Penggunaan cat dasar tembok akan membantu menutup pori-pori tersebut sehingga hasil akhir dari pengecatan tembok akan terlihat lebih halus dan rata.

4. Membantu warna cat tembok lebih sempurna

pria menggunakan sikat rol untuk aplikasi cat coklat pada dinding dengan cat dasar tembokfamilyhandyman.com

Tembok yang belum di-finishing memiliki warna mengikuti warna material bangunan. Tanpa cat dasar tembok, warna cat tidak teraplikasi secara sempurna karena pengaruh dari warna material dinding. Banyak orang yang akhirnya melapisi dinding hingga berkali-kali dengan cat warna yang sama agar mendapatkan warna yang diinginkan. Padahal, hal ini bisa kamu atasi dengan mengaplikasikan cat dasar tembok terlebih dahulu.

Cat dasar tembok yang memiliki warna netral dan formulasi khusus bisa membuat warna akhir dari dinding rumah lebih sempurna tanpa perlu kamu cat berlapis-lapis. Hal ini bahkan bisa membuat proses pembangunan rumah lebih hemat karena lebih hemat cat.

5. Memberikan perlindungan ekstra pada tembok

cat dasar tembok dengan sikat rollshutterstock.com

Selain itu, cat dasar tembok juga dilengkapi dengan berbagai zat proteksi khusus yang akan berikan perlindungan ekstra pada tembok rumah dari berbagai permasalahan umum seperti jamur dan lumut, hingga dinding yang ‘mengompol’ akibat kebocoran air. Tentu bisa disimpulkan secara umum bahwa cat dasar tembok bermanfaat untuk membuat lapisan cat pada dinding rumah menjadi lebih awet.

Dengan berbagai manfaat tersebut, penggunaan cat dasar tembok tak hanya memberikan tampilan akhir cat yang lebih sempurna tapi juga membuat cat pada dinding menjadi lebih awet. Selain itu, kamu tak perlu khawatir mengenai total biaya karena penggunaan cat dasar tembok justru akan membuat proses pembangunan dan perawatan bangunan jauh lebih hemat dalam jangka waktu panjang.

Bagikan :

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat