Mundu, Jl. Manggis 168A, Caturtunggal, Yogyakarta
0838-6729-8621
heruardiyanto32@gmail.com

Mengenal Lenih Jauh Tentang Kaca Double Glazing

MELAYANI JASA INTERIOR, JASA KITCHEN SET, JASA ARSITEK

Mengenal Lenih Jauh Tentang Kaca Double Glazing

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kaca Double Glazing Digital Arsitek Indonesia – Jenis kaca memang sangat beragam, contohnya seperti kaca laminated, dan masih banyak lagi. Nah, di artikel ini akan membahas tentang salah satu jenis kaca untuk bangunan yaitu kaca double glazing. Di artikel ini dibahas tentang konstruksu kaca, kekurnagan, serta kelebihan dari kaca double glazing.…
Read more

Bagikan :

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kaca Double Glazing

Digital Arsitek Indonesia – Jenis kaca memang sangat beragam, contohnya seperti kaca laminated, dan masih banyak lagi. Nah, di artikel ini akan membahas tentang salah satu jenis kaca untuk bangunan yaitu kaca double glazing. Di artikel ini dibahas tentang konstruksu kaca, kekurnagan, serta kelebihan dari kaca double glazing.

Konstruksi kaca double glazing terdiri dari:

Kaca

Jenis kaca untuk double glazing unit bisa terdiri dari 2 lembar kaca clear, 2 lembar kaca tinted/stopsol, ataupun 2 lembar kaca sunergy/low E. Kaca low E memaksimalkan kemampuan insulasi dari kaca double glazing dengan adanya lapisan metal oxide yang transparan berfungsi sebagai jalan thermal satu arah. Dengan menggunakan kaca low E kaca double glazing bisa memberikan insulasi 2x lebih baik daripada menggunakan kaca clear biasa

Ruang kedap di antara 2 lembar kaca

Ruang kedap ini memegang peranan penting dalam thermal efisiensi. Karena tidak diisi dengan udara biasa, maka harus diseal dengan sangat rapat/baik menggunakan sealer utama dan sealer kedua yang anti bocor.

Ruang kedap pada kaca double glazing diisi dengan udara yang sudah dikeringkanataupun gas mulia seperti argon, xenon, etc. Dengan menggunakan gas tsb pertukaran panas di antara kedua lembar kaca bisa diminimalkan.

Gas seperti argon, xenon, mempunyai konduktivitas panas yang lebih rendah daripada udara kering, sehingga bisa lebih meningkatkan lagi efisiensi thermal dari kaca double glazing. Nilai minusnya jenis2 gas tsb harganya cukup mahal.

Penyekat ruang kedap

Penyekat ruang kedap adalah rangka bagian dalam yang memisahkan 2 lembar kaca pada kaca double glazing. Pada umumnya tebuat dari aluminum karena nilai konduktivitasnya yang rendah. Meskipun konduktivitasnya rendah, tetap terjadi pertukaran panas antara 2 lembar kaca.

BACA JUGA  Desain Rumah Menawan

Idealnya penyekat ini harus terbuat dari material seperti composit serat kaca yang thermal konduktivitasnya lebih rendah lagi dari aluminum.

Keuntungan menggunakan kaca double glazing

Mengurangi biaya pendinginan ruangan/AC karena pada dasarnya kaca double glazing membatasi panas matahari yang masuk dalam waktu yang sama “menjebak”udara dingin dari AC supaya tidak keluar
Meningkatkan insulasi suara dengan menciptakan penghalang suara antara ruangan tertentu dengan bagian luarnya, sehingga gangguan sura dari luar bisa diminimalkan. Studio musik sangat cocok untuk aplikasi kaca double glazing ini.
Mengurangi kerusakan untuk perabot di dalam rumah yang diakibatkan oleh panas matahari
Faktor keamanan karena kaca double glazing sulit untuk pecah/sangat kuat. Kedua lembar kaca menjalani proses “pengerasan” atau “toughened” sebelum diseal menjadi satu. Apabila menginginkan keamanan yang lebih extra lagi bisa menggunakan kaca tempered pada kaca double glazing.

Kerugian menggunakan kaca double glazing

Tidak bisa diperbaiki. Bila terjadi kerusakan pada frame ruang kedap ataupun kaca pecah, maka seluruh unit harus diganti total.
Harganya cukup mahal apalagi menggunakan kombinasi kaca low E

Bagikan :
WhatsApp chat