Jl. Babadan No.27 Yogyakarta
0857-2961-6938
nikenswastika23@gmail.com

Perhatikan dalam Merawat Plafon Rumah

MELAYANI SETTING INTERIOR RUANGAN, KAMAR, RUANG TAMU, DAPUR, KITCHEN SET, ARSITEK

Perhatikan dalam Merawat Plafon Rumah

Digital Arsitek Indonesia – Seiring jalannya waktu, semakin lama rumah itu ditempatin pasti kerusakan kerusakan akan bermunculan, entah pada kerusakan dinding, tembok ataupun pada bagian lain. Kerusakan pada plafon diniding rumah memang sangat mengganggu keindahan rumah. Maka untuk itu kita perlu memperhatikan dalam perawatan plafon. Kamu dapat mengikuti langkah langkah berikut untuk merawat plafon pada rumahmu agar rumah teteap terlihat cantik.

Cara Efektif merawat Plafon

1. Kenali jenis plafon rumah

Langkah pertama yang dilakukan ketika hendak membersihkan plafon rumah adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis atau material plafon yang digunakan di rumah. Apakah kayu, gypsum, triplek dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa setiap jenis material plafon terkadang memiliki perawatan yang berbeda. Salah satu tips hemat membangun rumah adalah agar tidak merugi, maka dari itu Anda perlu mengetahui perawatan apa saja yang baik dilakukan pada jenis material yang dipilih. Supaya kesalahan-kesalahan tidak diinginkan bisa terhindari dan plafon tidak akan mudah rusak.

2. Memulai dengan kotoran ringan

Tidak hanya terdapat jenis plafon, namun juga terdapat jenis-jenis kotoran mulai dari kotoran yang ringan dibersihkan dan kotoran yang sukar dibersihkan. Selalu memulai pekerjaan membersihkan dengan kotoran-kotoran yang ringan dan mudah dihilangkan seperti debu yang menempel atau pun sarang laba-laba. Setelah itu, Anda dapat beralih pada kotoran-kotoran yang lebih sulit sehingga pekerjaan akan terasa lebih ringan.

3. Menggunakan alat pembersih

 

Untuk membersihkan plafon yang jaraknya sekitar 2,5 meter hingga 3 meter dari lantai, Anda akan membutuhkan bantuan alat pembersih tersebut. Alat itu bahkan dapat dirangkai sendiri dan caranya pun tidak terlalu sulit. Anda akan membutuhkan gagang sapu yang banyak ditemukan dipasaran. Selain itu, siapkan pula lap atau bisa serta seutas tali raffia dan beberapa karet.

Cara pembuatanya adalah dengan menggunakan gagang sapu tersebut, kemudian ditempelkan lap atau busa pada ujung gagang. Sambungkan keduanya dengan menggunakan karet dan tali rafia supaya makin erat dan kuat. Pastikan bahwa ikatan benar-benar kencang supaya lap atau pun busa tidak jatuh ketika hendak digunakan.

Untuk menggunakannya Anda hanya cukup mengooreskan lap kepada bagian langit-langit yang nampak kotor. Alat ini juga dapat membantu Anda membersihkan sudut-sudut plafon serta sela-sela lampu gantung. Jika plafon masih cukup tinggi, Anda dapat menggunakan bangku untuk menjangkaunya. Jangan lupa minta bantuan salah satu anggota keluarga untuk memegangi bangku Anda supaya tidak jatuh.

4. Menggunakan alat tambahan

Dalam beberapa kasus, membersihkan langit-langit rumah dengan menggunakan gagang sapu tersebut tidaklah efektif. Apalagi jika ternyata plafon sudah berjamur atau pun terkena kotoran hewan. Untuk itu, Anda dapat menggunakan alat-alat seperti kape scrap dan amplas untuk membersihkannya. Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika hendak menghilangkan kotoran tersebut dengan amplas. Jangan menggosok terlalu keras supaya lapisan plafon tidak tergores dan rusak.

5. Mengecat ulang plafon

Sudah di gosok menggunakan kape scrap dan amplas, namun noda kotoran masih belum hilang juga? Jika sudah begini maka satu-satunya jalan keluar yang Anda miliki adalah dengan mengecat ulang plafon rumah Anda. Sangat menyangkan tentunya karena Anda akan mengeluarkan beberapa uang untuk membeli cat kembali. Pastikan warna cat sesuai dengan warna cat rumah elegan yang sebelumnya digunakan. Lakukan tahap-tahap pengecatan plafon dengan seksama dan hati-hati supaya tidak terjadi kesalahan lainnya.

Akan menjadi pembelajaran bahwa membersihkan plafon bukanlah sesuatu hal yang dapat dianggap sebelah mata. Jika sudah terdapat kotoran pada plafon, segera bersihkan sebelum kotoran itu mengeras dan jadi semakin sulit jika ingin dibersikan. Terlebih pada plafon-plafon yang sering kali terlebih orang banyak orang seperti plafon ruang tamu, plafon kamar mandi, plafon ruang keluarga serta plafon ruang makan.

Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Plafon Gypsum

1. Temukan sumber kelembapan

Anda mungkin melihat kebocoran terbuka pada pipa atau instalasi di lantai di atas plafon yang rusak, tetapi lebih sulit diidentifikasi.

  • Jika Anda tidak mengidentifikasi sumber kelembapan sebelum melakukan perbaikan, masalahnya tidak akan tuntas.
  • Kenakan sarung tangan, kacamata pelindung dan masker debu saat mencari sumber kebocoran dan memperbaikinya. Anda mungkin akan mendapati keberadaan jamur, tergantung seberapa lama kebocoran telah berlangsung.
  • Jika Anda menemukan jamur dalam jumlah besar, hubungi jasa profesional untuk menanganinya dengan aman.

2. Tentukan tingkat kerusakan

Jika noda air berasal dari kebocoran yang sudah lama diperbaiki dan kerusakan hanya bersifat estetika, Anda bisa menghilangkan noda dengan sedikit mengosoknya.

  • Gunakan campuran air dan pemutih dengan perbandingan yang sama untuk menghilangkan noda. Pastikan Anda menggunakan kacamata pelindung dan sarung tangan saat menggunakan campuran ini.
  • Jika metode ini tidak berhasil, tunggu sampai gipsum benar-benar kering, lalu oleskan lapisan cat dasar dan tutup dengan cat yang sewarna dengan plafon. Selama gipsum dalam keadaan utuh dan kebocoran sudah diperbaiki, pekerjaan Anda selesai!

3. Lepaskan gipsum yang rusak

Anda mungkin hanya perlu memotong sebagian gipsum atau melepas seluruh bagian, tergantung tingkat kerusakan.

  • Jika Anda perlu memotong sebagian kecil gipsum, gunakan gergaji lubang kunci (keyhole saw) atau alat serupa untuk memotong bagian yang rusak.
  • Jika kerusakan cukup besar, Anda mungkin harus menggunakan palu kambing atau linggis untuk melepaskan bagian yang rusak.
  • Pastikan semua noda pada gipsum dibersihkan dan sisanya dalam keadaan kering dan tidak melorot.
  • Bersihkan noda dengan pembersih rumah tangga untuk mencegah pertumbuhan jamur lebih lanjut.

4. Perbaiki lubang pada gipsum

Sekarang, setelah bagian yang rusak disingkirkan, Anda bisa menggantinya dengan gipsum baru.

  • Potong gipsum dengan ukuran yang sama seperti bagian plafon yang dibuang.
  • Jika lubang yang ditambal berukuran kecil, Anda cukup meletakkan potongan gipsum baru pada lubang, kemudian gunakan joint compound untuk menahannya. Kemudian, gunakan pisau dempul untuk memastikan hasil sambungan yang halus dan rata.
  • Jika lubang lebih besar, Anda mungkin perlu alat bantu untuk menahan gipsum pengganti saat Anda menggunakan joint compound untuk mengisi celah dan kering.
  • Biarkan joint compound benar-benar kering, kemudian gunakan ampelas halus untuk memastikan sambungan halus dan rata.

5. Cat ulang area yang baru diperbaiki

Anda harus menggunakan cat dasar terlebih dahulu, kemudian Anda bisa mengecat gipsum dengan warna yang sesuai dengan warna plafon.

  • Banyak toko perkakas rumah tangga menjual cat dengan warna yang dibutuhkan jika Anda menunjukkan sampel.
  • Mengecat ulang seluruh plafon akan menghasilkan warna yang seragam pada setiap bagian.
  • Menambahkan lapisan shellac sebelum mengoleskan cat dasar dapat membantu menuntaskan perbaikan

semoga Bermanfaat:)

INTERIOR JOGJAKITCHEN SET JOGJADigital Arsitek Indonesia perusahaan yang bergerak di bidang jasa Interior dan Eksterior kami berdiri sejak tahun 2014. Produksi yang kami berikan adalah Design dan Produksi Interior dan Bidang Arsitek Perencanaan dan Pelaksanaan Bangunan. Untuk pemesanan KLIK DISINI! Hubungi kami di  WA: 085729616938 | Email : nikenswastika23@gmail.com

Bagikan :

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat