Jl. Babadan No.27 Yogyakarta
0857-2961-6938
nikenswastika23@gmail.com

Railing Tangga Rumah

MELAYANI SETTING INTERIOR RUANGAN, KAMAR, RUANG TAMU, DAPUR, KITCHEN SET, ARSITEK

Railing Tangga Rumah

Menciptakan Tangga yang Nyaman

Interior jogja – Teruntuk rumah yang memiliki 2 lantai atau 3 lantai pasti memerlukan tangga. Tetapi kebanyakan menggunakan penghubung antar lantai dengan bahan yang seadanya dan hal itu dapat membahayakan manusia yang sedang naik tangga. Bukan hanya sekedar untuk alat penghubung antar lantai tetapi sebagai nilai estetika. Makin bertambahnya tahun, ternyata makin banyak ide desain railing tangga modern yang cocok untuk hunian minimalis.

Material Tangga

Gunakan material yang tidak licin untuk bagian anak tangga. Material yang bisa Anda gunakan adalah parket kayu atau keramik non-glossy. Hindari penggunaan material marmer atau kayu yang memiliki finishing terlalu tebal.

Apabila Anda sudah terlanjur menggunakan material yang licin, Anda bisa menambahkan step nosingpada anak tangga untuk mencegah penggunanya terpeleset. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pencahayaan yang cukup agar anak tangga dapat terlihat dengan mudah.

Sumber: www.archiexpo.com
Keberadaan Railing

Jika tangga tersebut memiliki anak tangga lebih dari lima buah, gunakan railing atau pegangan tangga. Railing memiliki fungsi sebagai pendukung keamanan bagi pengguna tangga tersebut.Railing yang ideal memiliki tinggi sekitar 80-90 cm.

Tinggi railing tersebut akan membuat anak-anak tidak bisa memanjat railing atau tergelincir keluar dari jalur tangga. Untuk railing yang berupa batang kayu atau bilah besi, berikan jarak sekitar 15-20 cm. Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, buatlah railing dengan jarak yang lebih rapat.

Buatlah bagian pegangan tangan tumpul agar tidak melukai tangan penggunanya. Bagi Anda yang memiliki balita, pasangkan pintu kecil di ujung tangga bagian atas dan bawah untuk mencegah balita bermain di tangga tanpa pengawasan orang tua. Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian railing agar tidak menjadi sarang kuman penyakit.

Sumber: www.houzz.com

Desain Railing Tangga

Desain Railing Tangga yang menjadi impian

Railing tangga dengan desain Emmental untuk keluarga muda yang kreatif dan dinamis

Railing Tangga Emmental

Railing tangga emmental seperti ini didesain oleh keluarga muda kreatif dari Inggris yang memiliki ide brilian dalam desain dan detil bagi kedua anak-anaknya. Tangga ini menjadi sentuhan unik yang bisa menunjukkan harmoni seimbang di apartemen atau rumah yang mengedepankan sisi aestetik.

Railing tangga modern minimalist yang simplenamun tetap fashionable

Railing Tangga Minimalis

Mengedepankan kesederhanaan atau simplicity, railing tangga yang berbahan besi ini bisa menarik perhatian dengan desain garisnya yang tajam dan lurus. Tangga ini didukung dengan railing tangga kecil atau slim rounded seukuran pegangan tangan sehingga bisa membuatmu naik dan turun tangga dengan nyaman.

Railing tangga dengan bentuk bunga, akar atau dahan pohon

Railing Tangga Bunga

Railing tangga dengan ide bentuk akar pohon, bunga-bungaan atau dahan pohon bisa jadi pilihan buat kamu yang pecinta lingkungan hidup atau ingin memberi sentuhan alam. Railing tangga ini biasanya terbuat dari besi yang kemudian dibentuk menjadi bunga-bunga atau akar pohon. Biasanya, railing tangga model ini dipakai di desain rumah modern minimalis dan juga rumah bernuansa klasik dan vintage.

Railing tangga dengan desain rustic yang alamiah

Railing Tangga RustichomeditTema rustic memang saat ini menjadi tren dari desain interior. Bukan hanya pada furniture pilihan bergaya rustic, tangga rumah juga bisa menggunakan material yang tidak dihaluskan seperti logam atau kayu. Obyek material yang terkesan tua seperti kayu lawas dengan tekstur yang masih bagus bisa digunakan sebagai aksen pada anak tangga. Dengan menggunakan railing tangga gaya rustic ini, kamu bisa membuat rumahmu terlihat lebih homey.

Railing tangga untuk tangga kayu spiral yang unik

Railing Tangga Kayu Spiral

Tangga berbentuk spiral memang simple dan bisa menghemat ruangan. Namun bukan berarti harus biasa saja. Kamu bisa melihat desain tangga spiral yang terbuat dari kayu dengan railing tangga yang memiliki elemen kaca dan logam yang kokoh sehingga aman untuk menopang beban tubuhmu. Selain dibuat dari material yang kokoh, railing tangga rumah ini bisa menjadi sisi menarik sebagai dekor di rumah.

 

Railing tangga pohon alami untuk si petualang

Railing Tangga Pohon Alami

Kalau tadi kita melihat railing tangga dengan bentuk bunga dan pohon yang terbuat dari besi atau metal, yang ini adalah tangga dari batang pohon asli. Ide tangga ini juga cocok buat kamu yang ingin memasukkan unsur alam ke dalam rumah dan memiliki lahan atau ruangan yang cukup luas, mengingat batang pohon sendiri cukup besar dan akan memerlukan ruang lahan yag cukup luas.

Pegangan pada railing tangga bisa dengan menggunakan unsur kayu yang sama atau raling tangga besi, semua ini tergantung dari tema yang ingin kamu hadirkan di rumah. Railing tangga bertema kayu sangat cocok loh untukmu penggemar desain rumah unik klasik.

Railing tangga artwork untuk rumah shabby chic

Railing Tangga Shabby ChicShabby chic saat ini juga menjadi tren di kalangan pecinta desain interior. Selain cantik dan vintage, desain shabby chic juga membuat rumah lebih cerah ceria. Kamu bisa menambahkan warna pastel atau warna putih cerah yang pada kayu-kayu tua untuk railing tangga.

Railing tangga dengan perosotan atau slide di sampingnya

Railing Tangga Slide

Ide desain railing tangga yang satu ini bisa dibilang sebagai railing tangga yang menjadi favorit anak-anak. Ide ini cocok bagi kamu yang ingin agar railing tangga yang banyak fungsi; sebagai pengaman pada tangga sekaligus media bermain anak. Railing tangga perosotan ini juga bisa jadi media kreativitas bagi si kecil saat kamu mendekornya bersama. Ide keren bukan?

Railing tangga unik dengan bahan pegangan tali

Railing Tangga Pegangan Tali

Ide desain railing tangga ini juga bisa menjadi inspirasi buat kamu yang ingin memiliki railing tangga yang unik dan mudah untuk dibuat. Nggak jauh berbeda dengan railing tangga yang biasanya berbahad solid seperti kayu atau besi, tali yang dipakai untuk railing tangga jenis ini haruslah kuat dan bisa menopang berat tubuh ya.

Railing tangga dengan warna pelangi warna-warni

Railing Tangga Warna

Ide railing tangga ini cocok untuk rumah yang memiliki cat dengan warna yang cerah. Dengan pinggiran railing tangga elemen besi dan kaca, membuatnya lebih aman untuk anak-anak. Untuk pewarnaan atau pemilihan warna pelangi sendiri, kamu bisa mewarnai tangga ini sesuai sesuai dengan seleramu. Gimana, railing tangga ini bisa jadi ide yang menarik bukan?

 

Semoga bermanfaat 🙂

Selamat Mencobaaa 😉

Bagikan :

Tags: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat