Jl. Babadan No.27 Yogyakarta
0857-2961-6938
nikenswastika23@gmail.com

Tips Atasi Listrik Rumah Padam Tiba-Tiba

MELAYANI SETTING INTERIOR RUANGAN, KAMAR, RUANG TAMU, DAPUR, KITCHEN SET, ARSITEK

Tips Atasi Listrik Rumah Padam Tiba-Tiba

interior jogja

interior jogjaTIPS ATASI LISTRIK RUMAH PADAM TIBA-TIBA

Tips Atasi Listrik Rumah Padam Tiba-Tiba – Pasti kalian pernah bukan mengalami listrik rumah padam secara tiba-tiba? Hal ini tentunya akan membuat panik semua isi penghuni rumah. Salah satu cara ketika kita mengalami hal ini adalah memanggil PLN atau orang yang mengerti dengan listrik. Selain itu, kita bisa atasi listrik yang padam dengan tiba-tiba dengan cara perhatikan beberapa hal berikut ini.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Listrik Rumah Tiba-Tiba Mati

 
1. Perhatikan Dulu Listrik Tetangga SebelahYang pertama cobalah tenang sambil keluar untuk memastikan matinya listrik dengan memperhatikan rumah disekitar. Jika memang dari pusat bisa juga disebut power filuler maka tidak perlu cemas tunggu saja nantiakan hidup lagi. Namun jika mengalami mati listrik sendiri kemungkinan memang KWH meteran yang perlu diperiksa.
2.Terjadinya Over Voltage
Cobalah intropeksi diri apakah pemakaian beban listrik yang digunakan cukup banyak atau tidak sehingga terjasd konslet. Umumnya meteran listrik prabayar sudah terdapat Switt Otomais untuk melindungi sistem dari panas yang berlebih agar tidak membahayakan.  Jika terjadi pemakaian yang melebihi kapasitas yang digunakan oleh pelanggan biasanya sikring juga otomaatis bisa konslet.
3. Lihat KWH Meter
Bila KWH meter masih menyala, biasanya ada indikator lampu warna merah maka bukan dari arus listrik rumah yang bermasalah.  Kalau lampunya mati biasanya arus listrik dari pusat juga mati karena kabel jaringan SR, namun itu kemungkinan kecil saja.
4. Sekring pada Fusebox Kurang Kencang
Silahkan anda cek dulu dan kresskan hingga tertancap benar-benar kuat. Bisa juga menggantinya dengan Box Automatic Circuit Breaker agar tidak gampang konslet. Biasanya hal semacam ini jarang terjadi jika sudah menggunakan Box Automatic Circuit Breaker kecuali listrik  yang memang padam atau ada pemadaman sementara. Kalau membeli sekreng otomatis jangan lupa beli yang asli SNI bukan yang prosuk abal-abal yang kini banyak ditemui dengan harga lebih murah tapi kualitas kurang meyakinkan.
5. Periksa Kabel pada Box MCB atau Sekreng
Jika lampu indikator KWH masih menyala, maka kemungkinan ada kabel yang terputus pada sekreng (patrun). Sebaiknya periksa pada bagian sekreng apa ada kabel yang seperti serabut kecil terputus apa tidak. Jika memang putus segera ganti dengan jenis kabel serabut bukan kabel kawat tunggal yang bisa berbahaya. Jika sudah diganti tapi masih tetap belum menyala, kemungkinan lain adanya instalasi yang kurang tepat atau bermasalah. Namun jika masalahnya pada MCB, coba cek dulu apakah MCB menunjukkan di angka 0 atau 1. Jika diangka 0 berarti ada yang konslet, kalu diangka 1 berarto instalasinya yang bermasalah dan perlu diperiksa sambungannya.
6. Tahap Memeriksa Instalasi Listrik
Tetap tenang dan mulai periksa sambungan instalai terakhir yang disambungkan pihak PLN ke instalai rumah untuk mengetahui permasalahannya. Kalu intalasi dari PLN mau menyala berarti instalasi dirumah yang mengalami gangguan dan perlu diperbaiki. Kalau untuk memeriksa instalasi dri PLN yang dapaat dilakukan adalah dengan  memeriksa T dos (terminal instalasi) yang terdapat diatas sekreng. Karena terkadang ditemui beberapa sebab matinya listrik atau konslet diakaibatkan karena hal tersebut. Jika sudah siperiksa semua sambungannya cobalah nyalakan kembali.
Tetap saja KWH meter masih sering mati sendiri, coba cek jaringan instalasi yang berada dilur. Dalam artian apakah ada instalasi tambahan yang mungkin saja anda pasang. Terkadang bisa saja konslet yang dialami karena penambahan instalasi diluar ketentuan dari PLN yang harus dihindari. Jika saluran tambahan sudah diputus coba periksa kwh mau nyala apa tidak.
Yang paling penting ketika memeriksa listrik yang tiba-tiba mati keselamatan atau safety adalah hal utama agar tidak tersengat aliran listrik yang bisa berakibat fatal. Persiapkan juga  perlengkapan pendukung mulai dari test pen, obeng, tang sampai Multi Meter.

INTERIOR JOGJAKITCHEN SET JOGJADigital Arsitek Indonesia perusahaan yang bergerak di bidang jasa Interior dan Eksterior kami berdiri sejak tahun 2014. Produksi yang kami berikan adalah Design dan Produksi Interior dan Bidang Arsitek Perencanaan dan Pelaksanaan Bangunan. Untuk pemesanan KLIK DISINI! Hubungi kami di  WA: 085729616938

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat