Jl. Babadan No.27 Yogyakarta
0857-2961-6938
nikenswastika23@gmail.com

Trik Dekor Ruang Apartemen Yang Kecil

MELAYANI SETTING INTERIOR RUANGAN, KAMAR, RUANG TAMU, DAPUR, KITCHEN SET, ARSITEK

Trik Dekor Ruang Apartemen Yang Kecil

Trik Dekor Ruang Apartemen Yang Kecil

Trik Dekor Ruang Apartemen Yang Kecil – Ruangan apartement yang menjadi tempat tinggal seseorang biasanya mempunyai ruangan yang sempit dan kecil. Biasanya mereka menggunakan celah ruangan digunakan untuk menaruh barang yang masih belum tertata. Beberapa kelebihan apartemen mungil ini antara lain biaya sewa yang lebih rendah, lokasi yang strategis ke pusat kota dan juga pesona ruang minimalis yang hangat, jika kamu pintar mendekorasinya dengan tepat.

 

Nah, sudah siap untuk mencari tahu lebih lanjut 10 trik rahasia dekorasi apartemen mungil untuk hasil yang paling maksimal?

Mencari Transisi Ruangan Apartemen yang Tepat

Banyak pemilik apartemen yang memilih konsep ruang terbuka untuk apartemen kecil milik mereka. Hal ini supaya keseluruhan apartemen terasa lebih lapang dan luas. Tetapi, konsep ruang terbuka ini malah sering menghasilkan ruangan yang tidak tertata dengan baik, berantakan dan tidak sedap dipandang mata.

Mencari Ruang Apartemen
Untuk konsep ruang terbuka di apartemen kecil, kamu tetap harus menentukan batas antara satu ruang dengan ruang lainnya. Setiap ruang pasti punya peran spesifik yang penting untuk didefinisikan dengan jelas.

Caranya adalah dengan meletakkan partisi atau sekat ruangan yang hemat ruang, seperti rak buku ataupun pot-pot berukuran sedang hingga besar.  Dengan demikian, apartemen memiliki transisi yang jelas tanpa harus tersekat dengan kaku.

Pilih Furnitur Dengan Dual Fungsi

Apartemen Furnitur Dual Fungsi

Setiap inci apartemen kecil sangat perlu pertimbangan masak. Maksimalkan ruang di apartemen mungilmu dengan cara memilih furniture multifungsi yang bisa berperan ganda. Berkat furnitur modern yang smart, kamu bisa menghemat banyak ruang di apartemen kecil tersebut.

Salah satu ruang di apartemen yang bisa mengaplikasikan furnitur peran ganda ini adalah di ruang tidur. Kamu bisa memulai dari tempat tidur yang bisa dilipat menjadi tempat duduk, hingga kabinet minimalis dengan storage tersembunyi sekaligus dekor ruangan yang indah.

Apartemen Furnitur Dual Fungsi

Ruang makan juga adalah salah satu ruang di apartemen yang ditaruh dengan furnitur dual fungsi, mulai dari meja makan lipat hingga meja gantung untuk acara sarapan keluarga.

Dewasa ini juga sudah banyak perabot untuk ruang keluarga yang bisa disesuaikan dengan skala apartemen kecil. Yang penting, kamu pandai memadupadankan perabot, jadi jangan lupacek ukuran barang sebelum membeli ya!

Penggunaan Ruang Paling Efektif

Penggunaan Ruang Efektif Apartemen
Setelah tinggal di apartemen dalam kurun waktu tertentu, maka akan terlihat ruang-ruang yang jarang digunakan dan tidak efektif. Contohnya adalah rak-rak dapur tinggi yang masih kosong, hingga laci-laci yang terbengkalai. Ambil waktu untuk melihat kembali fungsi apartemen secara keseluruhan. Dengan perspektif baru, kamu bisa membaca sudut atau bagian apartemen yang tidak termanfaatkan dengan baik.

Gunakan jendela minimalis milik apartemen yang besar sebagai inspirasi daerah kerja yang terang. Beli kabinet kecil untuk ditempatkan di sudut kosong sebagai storage ekstra tanpa harus membuat apartemen terlihat sesak.

Konsep Storage Vertikal

Saat memilih furnitur khusus untuk storage, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan yang berbentuk vertikal alias memanjang ke atas. Sistem storage vertikal adalah solusi hemat ruang terbaik terutama untuk apartemen kecil yang minim ruang.

Maksimalkan dinding ruangan dengan langit-langit dengan membangun rak-rak dinding di apartemen. Kamu juga boleh memilih kabinet seperti 2 buah rak panjang yang ditempatkan sebagai partisi untuk kamar tidurmu. Jangan lupa sedikit sentuhan dekorasi ala apartemen yang nyaman, seperti keranjang anyam yang hangat dan menarik.

Ciptakan Sistem Organisir Yang Efisien

Storage Organizer Apartemen

Jika kamu tinggal di apartemen kecil, tidak ada lagi istilah untuk malas-malasan dengan benda kepunyaanmu. Supaya apartemen tetap terlihat bersih, buat sistem penyimpanan yang praktis, singkat dan efisien.

Sistem storage yang efektif juga berarti kamu selalu tahu letak benda- benda yang disimpan dan bisa dicari setiap saat dibutuhkan. Oleh karena itu, pilihlah storage dan organizer yang bisa membantu penyimpanan benda kamu dengan seksama.

Manfaatkan juga bagian belakang pintu apartemen dengan rak sepatu sepatu atau shoe organizer. Selipkan botol  dan aksesoris pembersih dapur di balik pintu rak dapur.

Setelah setiap benda di apartemen kamu punya tempat penyimpanan khusus yang terorganisir, pastikan kamu juga menciptakan kebiasaan untuk mengembalikan benda pada posisi semula.

Pilih Palet Warna Netral Atau Terang

Untuk apartemen kecil yang terlihat lebih leluasa dan lapang, pilih warna netral atau terang yang nyaman. Warna terang seperti putih, krim atau abu muda akan terlihat cerah dan lenggang dibandingkan dengan warna gelap yang membuat visual kelam yang sempit.

Palet Warna Netral Apartemen
Jika kamu menyukai aksen warna gelap, pilih salah satu sudut ruangan untuk dicat dengan warna gelap kesukaanmu. Tetapi tambahkan furnitur berwarna muda untuk kontras yang indah.

Bermain Dengan Kontur Furnitur & Desain

Kontur Apartemen

Interior apartemen mungil sering terpaku pada garis lurus yang kaku. Oleh karena itu, tambahkan kontur- kontur yang indah melalui aplikasi dari furnitur dan desain tambahan.

Kontur seperti lengkung pada furnitur bisa menghilangkan aura monoton dari ruang kecil di apartemen kamu, contohnya meja makan berbentuk bundar atau perangkat sofa dan meja tamu dengan aksen sudut oval.

Bentuk- bentuk natural lainnya juga bisa didapatkan dari peletakkan aksesoris rumah seperti cermin di dinding, kursi malas, hingga area bersantai dengan rak buku unik yang tidak kaku bentuknya.

Bereksperimen Dengan Layer Desain

Ingin punya apartemen yang terlihat hangat dan hidup? Fokus pada layer desain untuk kesan tiga dimensi yang apik. Contohnya adalah membuat rak-rak dinding berlapis dengan aksesoris rumah yang berwarna kontras. Pilih juga karpet berbahan tebal untuk menutupi lantai yang terasa kosong dan dinding. Selain itu, tambahkan juga bantal dekorasi kecil dan aksesoris selimut di sofa atau ruang tidur di apartemen.

Bereksperimen dengan Layer Apartemen

Efek layer ini akan semakin tampak indah jika kamu pintar memilih tekstur, bahan, dan ukuran aksesoris tertentu. Jadi ingat untuk selalu bereksperimen dengan berbagai pilihan yang ada.

Gaya “Mengambang” yang Keren

Furnitur besar dan padat akan membuat ruangan apartemen terasa semakin sempit. Pilih furnitur yang punya konsep “mengambang” seperti sofa dengan kaki peyangga yang tipis atau kabinet dan wastafel gantung yang bisa bertumpu pada dinding.

Gaya Mengambang Apartemen
Variasi antara perabot biasa dengan gaya “mengambang” unik ini akan menciptakan aransemen apartemen yang lebih maksimal dan nyaman untuk ditinggali.

Bersih-Bersih Regular di Apartemen Kecilmu

Trik terakhir yang penting untuk apartemen mungilmu adalah rajin mengatur flow ruangan. Caranya adalah dengan secara rutin meng-update isi ruangan, menyingkirkan rongsokan dan selalu  mencari celah storage yang paling ideal untuk benda-benda yang terus bertambah.

apartemen
Sekurang- kurangnya sekali atau 2 kali dalam setahun, evaluasi kembali apa saja benda yang layak untuk disimpan dan mana yang saatnya harus disingkirkan. Maka, apartemen kecil kamu akan tetap terasa seperti istana mungil yang paling nyaman untuk keluarga.

INTERIOR JOGJAKITCHEN SET JOGJADigital Arsitek Indonesia perusahaan yang bergerak di bidang jasa Interior dan Eksterior kami berdiri sejak tahun 2014. Produksi yang kami berikan adalah Design dan Produksi Interior dan Bidang Arsitek Perencanaan dan Pelaksanaan Bangunan. Untuk pemesanan KLIK DISINI! Hubungi kami di  WA: 085729616938

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat